ROB di Semarang

  1. Apa penyebab terjadinya ROB di pesisir kota Semarang?

Beberapa faktor penyebab ROB di semarang adalah:

  1. Kenaikan permukaan air laut

Kenaikan permukaan air laut ini disebabkan oleh pasang surut ait laut, gelombang yang disebabkan oleh angin, dan dampak dari pemanasan global yang terjadi.

  1. Penurunan permukaan tanah

Penurunan permukaan tanah di semarang disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan, proses konsolidasi dari tanah alluvial yang terjadi secara alamiah, dan adanya bebak konstruksi diatas tanah tersebut.

 

  1. Apa penyebab penurunan permukaan tanah di pesisir kota Semarang?
  2. Eksploitasi air tanah

Daerah pesisir Semarang difungsikan untuk berbagai kegiatan antara lain pemukiman penduduk, industri, dan pariwisata. Pertambahan jumlah penduduk mengakibatkan peningkatan aktivitas yang ada di daerah pesisir tersebut. Dengan bertambahnya aktivitas dan usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat akan air, ekploitasi air tanah semakin meningkat. Adanya pengambilan air tanah ini menyebabkan intrusi air laut dimana ait laut masuk ke tanah di daratan. Hal ini terjadi karena saat terjadi pengambilan air tanah, air laut akan masuk ke daratan untuk mengisi rongga-rongga tanah yang kosong. Kegiatan ini juga menimbulkan openurunan kualitas air tanah di daerah pesisir yang kerug dan asin.

  1. Proses konsolidasi tanah alluvium secara alami

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kobayashi (2003) daerah pesisir Semarang terdiri dari empat daerah dengan perbedaan morfologi, yaitu: area pantai dengan material pasir dan tanah liat, kombinasi dari sedimen alluvium dan hutan mangrove, sedimen alluvium dan lumpur, serta daerah reklamasi untuk pelabuhan dan kegiatan wisata. Jenis tanah di saerah pesisir Semarang yang merupakan tanah alluvium ini menyebabkan terjadinya penurunan permukaan tanah.

  1. Beban konstruksi

Peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas di daerah pesisir mendorong adanya reklamasi pantai untuk pemukiman dan industri misalnya. Dengan bertambahnya konstruksi diatas permukaan tanah maka akan meningkatkan beban tanah semakin besar. Hal ini mendorong terjadinya penurunan permukaan tanah oleh beban konstruksi.

 

  1. Apa usaha untuk mengatasi ROB di daerah pesisir Semarang?

Usaha untuk mengatasi ROB memerlukan partisipasi dan kerjasama dari bebrbagai pihak terkait baik masyarakat maupun pemerintah. ROB ini tidak hanya terjadi karena faktor manusia tetapi juga dipengaruhi alam. Usaha untuk mengatasi ROB ini sudah dilakukan antara lain dengan pembangunan polder untuk memompa air ke laut, sistem drainase, dan usaha reklamasi pantai. Masyarakat dan pemerintah hendaknya memaksimalkan dan menjaga fasilitas yang ada. Memulai dari hal kecil misalnya tidak membuang sampah di saluran drainase. Karena fungsi saluran drainase adalah untuk mengalirkan air hujan. Adanya sampah di saluran drainase dapat menghambat aliran air hujan menuju ke laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: